Apa arti SPF dan PA pada sunblock ?

 
ID KESEHATANKECANTIKAN SUPLEMEN SET1 468X60 12062014 Apa arti SPF dan PA pada sunblock ? Apa arti SPF dan PA pada sunblock ?

Saya pernah sharing tentang cara menggunakan tabir surya dengan benar. Silahkan baca ya icon smile Apa arti SPF dan PA pada sunblock ?

Sekarang, masih tentang sunblock. Setiap membeli krim tabir surya biasanya tertulis SPF-angka tertentu, atau PA-tanda plus. Memangnya apa arti SPF dan PA pada sunblock itu?

sunblock dr andini thumb Apa arti SPF dan PA pada sunblock ?

SPF artinya Sun Protection Factor. Itu adalah  prakiraan ukuran kekuatan sunblock dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Ingat ya, kekuatan, dan bukan lamanya waktu. Sebab banyak yang salah memahami bahwa itu adalah seberapa lama sunblock mampu melindungi kulit. Perlu diketahui bahwa SPF tidak ada hubungan dengan lamanya waktu proteksi.

Ada dua jenis sinar ultra violet (UV), dalam sinar matahari yaitu UV-A dan UV-B. SPF hanya memberi proteksi dari UV-B yang biasanya menyebabkan efek terbakar pada kulit (sunburn). Panjang gelombang  UV-B yang diserap oleh sunblok juga bervariasi bergantung nilai SPF-nya.

Contohnya:

  • SPF 15 kemampuan proteksi 93,3% terhadap sinar UVB
  • SPF 30 kemampuan proteksi 96,7% terhadap sinar UVB
  • SPF 50 kemampuan proteksi 98% terhadap sinar UVB

Makin tinggi SPF (70 – 100) sebenarnya makin bagus. Masalahnya peningkatan kemampuan proteksinya dibandingkan SPF 50 hanya beda sedikit, namun harganya beda jauh! Jadi untuk alasan logis-ekonomis yang disarankan maksimal adalah SPF 50.

Okay, sekarang mengenai kode PA. PA artinya Protection Grade of UV A atau tingkat perlindungan terhadap UV A.

Tanda + setelah kode PA menandakan tingkat proteksi terhadap UV-A. Makin banyak tanda + nya berarti makin tinggi tingkat proteksinya, misalnya PA+, PA++, PA+++ dan seterusnya.

Jangan mengandalkan sunblock

Walaupun menggunakan sunblock dengan SPF dan PA tinggi, sebaiknya kita tidak mengandalkan sunblock, karena bagaimanapun juga kemampuan dan waktu proteksinya terbatas.

Jika beraktivitas di luar ruang, sebaiknya tetap gunakan payung atau topi, atau decker tangan bila diperlukan. Perlindungan oleh sunblock lebih efektif bila kita mengulangi penggunaannya sekitar dua jam sekali.

O, ya. Satu lagi. Perlu dicatat bahwa makin tinggi SPF dan PA, umumnya akan semakin memberi efek berminyak. Ini disebabkan mayoritas sunblock adalah oil-based.

Jadi gunakan seperlunya.