Apa arti SPF dan PA pada sunblock ?

Saya pernah sharing tentang cara menggunakan tabir surya dengan benar. Silahkan baca ya :)

Sekarang, masih tentang sunblock. Setiap membeli krim tabir surya biasanya tertulis SPF-angka tertentu, atau PA-tanda plus. Memangnya apa arti SPF dan PA pada sunblock itu?

sunblock_dr_andini

SPF artinya Sun Protection Factor. Itu adalah  prakiraan ukuran kekuatan sunblock dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Ingat ya, kekuatan, dan bukan lamanya waktu. Sebab banyak yang salah memahami bahwa itu adalah seberapa lama sunblock mampu melindungi kulit. Perlu diketahui bahwa SPF tidak ada hubungan dengan lamanya waktu proteksi.

Ada dua jenis sinar ultra violet (UV), dalam sinar matahari yaitu UV-A dan UV-B. SPF hanya memberi proteksi dari UV-B yang biasanya menyebabkan efek terbakar pada kulit (sunburn). Panjang gelombang  UV-B yang diserap oleh sunblok juga bervariasi bergantung nilai SPF-nya.

Contohnya:

  • SPF 15 kemampuan proteksi 93,3% terhadap sinar UVB
  • SPF 30 kemampuan proteksi 96,7% terhadap sinar UVB
  • SPF 50 kemampuan proteksi 98% terhadap sinar UVB

Makin tinggi SPF (70 – 100) sebenarnya makin bagus. Masalahnya peningkatan kemampuan proteksinya dibandingkan SPF 50 hanya beda sedikit, namun harganya beda jauh! Jadi untuk alasan logis-ekonomis yang disarankan maksimal adalah SPF 50.

Okay, sekarang mengenai kode PA. PA artinya Protection Grade of UV A atau tingkat perlindungan terhadap UV A.

Tanda + setelah kode PA menandakan tingkat proteksi terhadap UV-A. Makin banyak tanda + nya berarti makin tinggi tingkat proteksinya, misalnya PA+, PA++, PA+++ dan seterusnya.

Jangan mengandalkan sunblock

Walaupun menggunakan sunblock dengan SPF dan PA tinggi, sebaiknya kita tidak mengandalkan sunblock, karena bagaimanapun juga kemampuan dan waktu proteksinya terbatas.

Jika beraktivitas di luar ruang, sebaiknya tetap gunakan payung atau topi, atau decker tangan bila diperlukan. Perlindungan oleh sunblock lebih efektif bila kita mengulangi penggunaannya sekitar dua jam sekali.

O, ya. Satu lagi. Perlu dicatat bahwa makin tinggi SPF dan PA, umumnya akan semakin memberi efek berminyak. Ini disebabkan mayoritas sunblock adalah oil-based.

Jadi gunakan seperlunya.

Cream Dr Andini yang banyak dicari :

Dr Andini menyediakan cream perawatan kecantikan yang aman dan efektif. Untuk order dan konsultasi silahkan hubungi pada hari dan jam kerja.

13 thoughts on “Apa arti SPF dan PA pada sunblock ?

  1. Dok saya pernah pakai cream A-Dha dab muka saya sekarang belang dan gosong merah coklat ….. Dn sekarang saya pakai theraskin denger” teraskin bisa menyembuhkan ..tpi skrabg muka saya kok jadi coklat matang

  2. Dok saya pakai acne cream di bagian dagu tapi acne cream nya terkena bibir bagian bawah dan sekarang bibir nya terasa kering dan terasa seperti mengkerut kadang panas dan gatal apakah itu iritasi?dan gimana suapaya sembuh dok .. terimakasih

  3. dok saya memakai cream mousteriser sariayu putih langsat stlah hmpir 2 minggu wajah sy timbul bintik2 putih dan sesekali terasa gatal,apkah it ter masuk alergi?

  4. Gk ada pertentangan kayakx sama ulasan Dr. Andini.hemmmmm…..
    Saya mau nanya dok,anak saya cewek usia 10 tahun.dia aktif olahraga renangx.nah untuk pemilihan SB yg aman dan tepat untuk seumuran anak saya pake sunblock SPV brp ya dok

  5. MAKASIH DOK ATAS INFORMASINYA,SANGAT BERMANFAAT…
    DOK,…APAKAH SEBELUM MENGGUNAKAN SUNBLOCK PADA WAJAH,QT HARUS MENGGUNAKAN PELEMBAB JUGA??

  6. Terima kasih banyak Dokte jadi saya bisa mengerti paling tidak bisa tambah pengalaman
    ,bisa nyontek untuk berbagi pengalaman sama teman2 yang belum tahu

  7. Thx, dokter.. Sy dpt pengetahuan lebih dr artikel dokter. Semoga ada artikel ² lain yg dapat terus menambah pengetahuan saya & para pembaca lainnya. Salam..

  8. Dok saya kan kerja nya sebagai sales lapangan, jadi saya setiap hari kena matahari ya dok. Ada ngak dok lotion yg paling cocok buat saya yg selalu dibawah matahari.

    1. Mbak bisa menggunakan sunblock yang sesuai kulit wajah. Gunakan sunblock tiap pagi, lalu diulang setiap 2 jam bila berada di lapangan. Untuk proteksi tubuh ada body lotion with spf. Selain itu perlu dibantu menggunakan baju lengan panjang, topi lebar atau payung. Untuk proteksi mata saya sarankan menggunakan kacamata hitam

  9. bener tu dokter dini.lisa tu gk ngerti sy rasa.krna stlh sy bca mank sinkron ko.gk d prtentangan ny dgn artikel yg dkirim mbk lisa

    1. Terus terang saya malah bingung mau jawab apa terhadap pertanyaan mbak Lisa. Soalnya saya tidak melihat ada pertentangan pada artikel tsb. Saya baca artikel yang mbak berikan sama artikel di atas sinkron dan tidak bertentangan tuh :)
      Inti dari artikel yang saya tulis di atas tu gini: kebanyakan orang Indonesia pikir makin tinggi SPF makin bagus. Itu keliru soalnya mulai SPF 50 ke atas tidak ada perbedaan yang signifikan dari kemampuan proteksinya, tapi harganya jauh beda.
      Bahkan antara SPF 30 dengan SPF 50 pun peningkatan proteksi tidak seimbang dengan harganya. Karena ituproduk sunblock di Indonesia yang banyak dipakai adalah SPF30 atau lebih rendah dengan pertimbangan keseimbangan harga dan fungsi.
      Jadi saya tidak melihat ada pertentangan di sana sperti yang mbak pahami.
      Bahkan ada satu kekurangan pada artikel yang mbak berikan itu, bahwa tidak dijelaskan perbedaan intensitas UV di Indonesia/tropis dengan negara bule, meskipun American Academy of Demartology mengatakan ini

      American Academy of Demartology mengatakan tabir surya dengan minimal SPF 30 adalah yang efektif sebagai perlindungan kulit, namun ini hanya berlaku untuk jenis kulit Caucasian ( Amerika dan Eropa) yang hanya membutuhkan perlindungan kulit dari sinar UV B. Sedangkan bagi kita berjenis kulit Asian (Asia Tropis) tidak memerlukan SPF sebesar itu, karena pigmen yang terkandung dalam kulit ASIAN sudah menjadi perlindungan alami yang baik.

      Jadi dimana pertentangannya?

Comments are closed.