Apa itu telangiectasia ?

Berhati-hatilah dalam menggunakan cream pemutih wajah (whitening cream). Tidak semua cream pemutih memiliki kualitas baik, sekalipun berharga mahal. Cream pemutih tertentu memang bekerja lebih cepat memutihkan wajah Anda. Tetapi kandungan bahan tertentunya bekerja seperti ‘ampelas kimiawi’ akan ‘menggerus’ epidermis kulit hingga ke lapisan granulosum kulit. Lapisan granulosum inilah yang bertanggung jawab membentuk pigmen kulit yang disebut melanin. Makin banyak melanin terbentuk, makin hitamlah kulit Anda.

Penampang kulit manusia

Jika ‘penggerusan’ epidermis hingga ke lapisan granulosum ini terjadi, maka kulit Anda menjadi lebih putih karena terjadi pengurangan melanin. Tapi, efeknya kulit wajah Anda menjadi menipis. Apabila penipisan tersebut berlanjut akan berpotensi menyebabkan terjadinya mikrolesi, yaitu suatu luka kecil yang tidak dapat dilihat mata telanjang. Pada kasus yang lebih parah kapiler bisa bocor sehingga menyebabkan infeksi pada kulit wajah, karena lapisan epidermis telah menipis dan tidak lagi bisa menghambat masuknya kuman.

Nah, penipisan kulit wajah sehingga pembuluh kapiler darah tampak ini di dunia medis sering disebut telangiectasia rosacea. Semakin lama penampakan kapiler darah ini semakin jelas, sehingga sangat mengganggu pemandangan. Umumnya kalau diraba dengan jari, kulit menjadi lebih sensitif dan terasa sedikit perih. Jika Anda mengalami hal itu, saran saya hanya satu: Hentikan pemakaian cream tersebut segera!


Telangiectasia rosacea

Apakah gejala telangiectasia ini semata-mata disebabkan karena pemakaian pemutih yang jelek? Tidak juga. Ternyata ada faktor lain yang memicu munculnya kasus ini:

  • Telangiectasia bukan kanker dan tidak pernah berkembang menjadi kanker kulit
  • Bisa muncul karena pengaruh hormonal
  • Bisa muncul karena pengaruh paparan ultra violet sinar matahari. Itu sebabnya sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan sunblock jika melakukan aktifitas di luar ruang.
  • Penampakan akan semakin jelas dan menjadi lebih lebar seiring waktu
  • Munculnya tidak spontan, melainkan sedikit demi sedikit
  • Dipengaruhi oleh jenis kelamin. Pada wanita lebih berpotensi muncul telangiectasia 4x lebih tinggi dibanding pria.

Apakah telangiectasia ini bisa hilang sehingga kulit normal kembali? Ya. Kulit wajah Anda bisa kembali normal seperti semula namun memerlukan waktu, dan sangat bergantung pada penyebab dan kondisi kulit. Jika Anda mengalami telangiectasia setelah sekian waktu menggunakan cream pemutih, maka penghentian pemakaian cream tersebut dalam jangka waktu sekitar 1 – 3 bulan akan memulihkan kondisi kulit. Namun ini juga bergantung banyak faktor, mulai masalah frekuensi paparan sinar matahari hingga masalah genetis.

Jika karena sebab lain selain penggunaan kosmetik, misalnya karena genetis atau hormonal, maka untuk menghilangkannya diperlukan terapi khusus. Biasanya terapi yang dilakukan ada 3 jenis:

  • Laser Ablation – menggunakan sinar laser untuk memanaskan bagian kulit secara lokal sehingga warna kulit menjadi normal dan menutup kapiler yang tampak
  • Sclerotherapy Aventura – cara ini dilakukan dengan menginjeksikan bahan kimia tertentu untuk mematikan kapiler darah yang tampak sehingga kapiler menjadi jaringan parut (scar) dan akhirnya secara pelan akan hancur dan menghilang
  • Surgery – langkah operasi pembedahan ini sangat jarang dilakukan, karena hanya diterapkan pada kasus yang berat

Lepas dari masalah genetis ataupun hormonal, sebaiknya Anda memilih cream pemutih yang aman. Cream pemutih yang aman bekerja dengan cara menghambat produksi melanin oleh melanosit (sel pembentuk melanin) pada lapisan basal granulosum. Berkurangnya produksi melanin ini akan membuat wajah Anda tampak lebih bersih dan cerah.

Agar hasil pencerahan wajah tersebut tetap terjaga, biasakan menggunakan sunblock (sunscreen) saat beraktifitas di luar ruangan untuk menghalangi pengaruh sinar ultraviolet matahari. Sinar ultraviolet inilah yang merangsang peningkatan kerja melanosit sehingga memproduksi melanin lebih banyak, dan menyebabkan kulit wajah Anda menjadi gelap dan kusam.

Cream Dr Andini yang banyak dicari :

Dr Andini menyediakan cream perawatan kecantikan yang aman dan efektif. Untuk order dan konsultasi silahkan hubungi pada hari dan jam kerja.

35 thoughts on “Apa itu telangiectasia ?

  1. Dokter saya estri. Kalau cream yg menipiskan kulit saya hentikan, Apakah regenerasi kulit akan tumbuh semula (hitam seperti sebelumnya ) Terimakasih

  2. dok saya juga merasakan wajah saya ada garis-garis merah itu, kalo dilihat lebih dekat terlihat seperti syaraf, dan ada yg berwarna biru , saya mengalaminya setelah memakai pemutih dr skincare ternama, memang agak putih, namun smakin lama smakin banyak garis” merahnya, sebelumnya sya juga berjerawat dan masih meninggalkan bekas, yang sya tanyakan apa yg baiknya sya lakukan, misal sya menghentikan produk apa yg harus sya pakai, sampai saat ini sya belum mendapati produk yg whitening yg aman dan cocok untuk sya, mohon bantuanya

    1. saya juga sama ada seperti urat gitu di muka.cuman sekarang uda sangat samar.ada lasernya untuk ngilanginya namanya laser diode .boleh minta emalnya ga? nnti sya ksih tau tempat lasernya.sdh banya pasien yg di laser dgn laser itu dan hasilnya sangat nampak perubahan.

  3. dok sy mau tanya sunblok yg aman di pake itu apa ya?kemudian pembersih atau moisturizer apa jg yg sebaiknya di gunakan??
    garnier itu aman ga ya dok buat perawatan sehari2
    terimakasih,,mohon jawabannya dok
    kapiler2 nya mulai tampak

  4. Hai,,aku evha..umur 24 tahun
    dok,pipi saya bengkak terlihat tembem akibat memakai krim pemutih berbahaya..apakah bisa kembali seperti semula dok??saya sudah lama berhenti tapi pipi saya masih bengkak dan tembem.apa solusinya dok?

  5. Halo dokter, saya punya masalah di wajah saya. Wajah saya terasa kaku dan bersisik kalau tidak memakai salah satu produk cream pelembab. Saya pernah mencoba unyuk berhenti memakai cream tersebut, tapi justru malah lebih parah, kulit wajah saya memerah dan terasa gatal dan panas. Bisakah kulit wajah saya menjadi normal lagi tanpa menggunakan produk cream tersebut dok?

  6. Dok kulit wajah saya berjerawat dan akhirnya saya memakain crem tje fuk untuk malam ,lalu jerawat saya hilang dan setelah saya pakai lagi baru tersa panas kulit saya lalu muncul urat2 merah ,bagaimana ya dok cara untuk menghilangkn scara alami tolong jwb ya dok makasih

    1. saya juga sama ada seperti urat gitu di muka.cuman sekarang uda sangat samar.ada lasernya untuk ngilanginya namanya laser diode .boleh minta emalnya ga? nnti sya ksih tau tempat lasernya.sdh banya pasien yg di laser dgn laser itu dan hasilnya sangat nampak perubahan.

  7. Dok saya mau tanya kalau wardah itu termasuk cream yang aman gak ya? Soalnya saya pakai lbc muka saya gatal2. Sayabpengen pakai yang tidak terlalu keras. Terimakasi

  8. Dokter saya awalnya saya punya banyak jerawat dan berobat kemana2 gk da hasilnya kemudian saya memutuskan utk ke erha21 dan alhamdulillah jerawat saya berkurang tp muncul masalah baru dimana wajah saya jadi muncul urat2 kecil yg istilah dokternya telangiectasia rosacea sehingga membuat merah, apa lagi ketika saya tertawa ato terkena sinar matahari, jika saya menghentikan produk tersebut saya takut jerawat saya mincul banyak lagi, solusi apa dokter yg bs saya lakukan utk mengatasi ke dua masalah kulit saya tersebut? Klu boleh saya minta kontak person (pin bb ato no hp) yg bs saya hubungi utk memberikan solusi terbaik bwt saya.. makasih banyak dokter.. mohon balazanny bs dikirim ke email saya..makasih banyak dokter atas bantuannya…

    1. telangiectasi susah disembuhkan dan tidak ada obatnya mbak. Satu2nya cara adalah memberi kesempatan kulit untuk melakukan regenerasi sendiri. Ini perlu waktu cukup lama, sekitar 3-6 bulan, tapi tiap orang juga beda.
      Saran saya, tetap gunakan perawatan tetapi yang aman/soft sambil memberi kesempatan kulit melakukan recovery. Perlu telaten dan disiplin :)

  9. dokter infonya bagus banget. saya baru beberapa bulan pake krim salah satu skincare keluar urat merah gitu di pipi. terus masa kata dokterya gpp itu pengaruh gen. padahal sebelumnya ga ada terus disuruh peeling lagi. sekarang saya mau off cuma pakai sunblok. kalo bahan alami/ komposisi krim untuk ngilanginnya apa ya dok? soalnya mau beralih ke krim yang natural ky tbs gitu dok. mohon pencerahannya ya dok

  10. Dokter, kulit dibawah kedua mata saya ototnya terlihat hitam dan lebar terlihat mirip urat nadi , mata sebelah kanan yg parah..menurut dokter kulit yg saya kunjungi itu adalah telangiektasia karna bawaan..di beri perawatan cream dipakai 2x sehari pagi&malam dan beri obat anti oksidan.. kira2 berapa lama ya dok bisa hilang?

    1. Kalau itu bawaan/genetis seringnya hasilnya lebih lama dan bergantung pada kondisi ybs mbak. Jika menjalankan pola hidup sehat hasilnya lebih cepat tampak. Namun bila stamina turun karena kesibukan, biasanya muncul lagi. Jadi perawatannya harus rutin dan telaten.

  11. dear dr,

    saya membaca artikel diatas dan dokter menyebut suatu treatment sclerotherapy, kebetulan saya mempunyai masalah rosacea dan kulit yg gampang flushing, kalo boleh saya tau dimana dokter di indonesia yang mempunya treatment ini dr,?

    terimakasih

  12. Dok , kulit saya mngaLami pnipisan dok di daerah pipi saya , saya sudah berhenti memakai produk pemutih lagi saya juja konsultasi ke dokter dan saya juja memakai anti iritasi sma sunscreen dari dokter tpii muka saya ttep merah dok ? Apa bisa sembuh N apa daa masker putih telur bisa ngembaLiind muka sperti semula dok

    1. Banyak krim pemutih yang bekerja dengan cara mengampelas kulit seperti itu mbak. Saran saya hentikan penggunaan krimnya dan jangan gunakan apa pun selama sekitar sebulan kecuali membersihkan wajah dengan benar dan menggunakan sunblock. Untuk kulit yang memerah pelan2 akan kembali normal. Warna merah itu adalah semburat warna kapiler darah/darah karena lapisan granulosum kulit yang mengandung pigmen melanin menipis. Itu akan kembali normal seiring waktu. Jadi beri kesempatan kulit wajah mbak untuk melakukan perbaikan diri. Setelah normal kembali baru lakukan perawatan yang benar dengan produk yang baik. Lain kali hati-hati ya.
      Salam cantik :)

  13. dok saya memakai pemutih tapi saya bingungg untuk menghentikan pemakaianya dan saya harus memakai kosmetik yang seperti apa saya tidak mau kecanduan pemutih.

  14. Dok saya sebelumnya menggunakan krim malam,tp setelah berhenti beberapa hari muka saya jd bintik bintik merah , kira” bisa ilang gk ya dok ?saya sdh tdk menggunakan produk apa” skrg..

  15. Setau saya nggak ada faktor genetik dok dan sy stop tratment,facial dll dok smpai skrng, setelah saya berhenti pakai cream tsb barulah muncul urat urat kecil merah tsb dok dan sampai skrng nggak hilang hilang dok?

  16. Saya mengalami telangietasia krn cream pemutih udah 4 bulanan gak ilang ilang dok malah bertambah banyak dan semakin terlihat jelas pdhl sy sudah berhenti memakai cream tsb?

    1. Jk pemakaian produk ttt adl sbg satu2nya penyebab telangiektasia, pd umumnya begt produk dihentikan pemakaian maka kondisi wajah akan berangsur2 pulih. Apakah mbak memakai produk lain, treatment ttt ato adakah faktor genetik?

  17. Saya mengalami hal tersebut dok akibat penggunaan cream pemutih muncul kapiler dibawah hidung dan bagian pipi saya. Apakah bisa normal kembali dok?

    1. Dgn menghentikan pemakaian pd umumnya dpt pulih dgn sdrnya. Utk mempercepat pakai sunblok, pelembab serta serum vitamin. Hindari treatment peeling, facial utk sementara wkt.

  18. Saya jg mengalami hal ini krn pemakaian cream dari produk dokter (cream pagi,leher pagi,cream malam & leher malam serta sunblock).apakah saya harus menstop pemakaian cream2 ini dok?lalu harus diganti dng apa ya supaya kulit muka tdk kusam?tq dok

    1. Telangiektasia dpt disebabkan bhn pencerah ttt saja, antara lain hidroquinon. Kl mbak ingin pulih, langkah pertama sudah benar yaitu menghentikan produk ybs. Bila wajah mbak tdk dlm kondisi iritasi merah dan mengelupas, maka boleh scr lgsg dilanjutkan pemakaian pencerah yg aman antara lain yg berbahan kojic acid ato arbutin. Selengkapnya mbak bs mampir utk membacanya di web sy ttg pencerahan kulit. Salam cantik:)

  19. sy pake krim mlm yg kandungannya ada peeeling cream tu ada pengaruhnya dok ma penipisan kulit?

    1. peeling sesuai dgn namanya adl pengelupasan, ditujukan utk mslh flek. Bs timbul penipisan kulit apabila penggunaan berlebihan & tdk sesuai indikasi. Salam cantik:)

    2. Peeling sesuai dgn namanya adl pengelupasan. Pemakaian peeling hrs atas indikasi yg tepat, sesuai petunjuk pakai, tdk berlebihan. Hal ini ditujukan spy tdk ada efek yg tdk diinginkan spt penipisan kulit. Salam cantik:)

  20. Dok saya saat ini saya menggunakan krim pemutih wajah dari dokter dan terjadi tanda-tanda telangiectasia..kalo saya menghentikan pemakaian krim tersebut trus saya pakai krim dari dokter lain apakah telangiectasia trsebut bisa hilang dok?mohon sarannya dok…trima kasih

    1. Pada umumnya telangiektasia krn pemakaian cr pencerah adl akibat efek cream yg bekerja dgn cara menipiskan kulit wajah. Jk berlangsung terus2an berakibat pembuluh kapiler di bawah kulit jd nampak. Biasanya hal ini berlangsung smntr, 2-3 bl stlh dihentikan, kulit jd berangsur2 pulih, kapilerpun jd tdk nampak. Selama pemulihan hindari pemakaian cr yg menipiskan kulit, facial, & peeling. Tentunya mbak tetap pakai sunblok, moisturizer, pembersih yg uda cocok & aman. Diperbolehkan pemakaian cr pencerah yg tdk menipiskan kulit & tentunya aman.

  21. Dok apabila terjadi tanda-tanda telangiectasia trus ganti cream lain apakah bisa dok?

  22. Jika karena sebab lain selain penggunaan kosmetik, misalnya karena genetis atau hormonal, maka untuk menghilangkannya diperlukan terapi khusus. Biasanya terapi yang dilakukan ada 3 jenis:

    Laser Ablation – menggunakan sinar laser untuk memanaskan bagian kulit secara lokal sehingga warna kulit menjadi normal dan menutup kapiler yang tampak.

    Sclerotherapy Aventura – cara ini dilakukan dengan menginjeksikan bahan kimia tertentu untuk mematikan kapiler darah yang tampak sehingga kapiler menjadi jaringan parut (scar) dan akhirnya secara pelan akan hancur dan menghilang.

    Surgery – langkah operasi pembedahan ini sangat jarang dilakukan, karena hanya diterapkan pada kasus yang berat.

Comments are closed.