Cara mengatasi alergi dan iritasi setelah menggunakan cream perawatan kecantikan

Saya pernah menulis mengenai penyebab mengapa alergi dan iritasi setelah menggunakan cream perawatan kecantikan. Berikut ini adalah cara mengatasi alergi dan iritasi setelah menggunakan cream perawatan kecantikan.

cream-kecantikan-dr-andini-2.jpg

Produk perawatan kecantikan pada beberapa orang bisa menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit. Contohnya antara lain:

  • sabun mandi, deterjen, anti perspirant, riasan mata, pelembab, shampoo, lipstick, cat kuku (terutama yang mengandung formaldehida), dan lem kuku yang mengandung methcrylate.
  • Cat rambut juga dapat menyebabkan reaksi iritasi, terutama yang mengandung p-phenylenediamine serta amonium persulfat yang digunakan untuk mencerahkan warna rambut.
  • Produk perawatan kecantikan yang mengandung asam alpha-hydroxy (AHA) dapat iritasi bagi beberapa orang, seperti kemerahan, bengkak, lecet, dan gatal-gatal, terutama bila produk yang bersangkutan memiliki konsentrasi AHA lebih dari 10%.
  • Retin-A (atau retinol/retinoid) juga dapat menyebabkan dermatitis kontak iritan pada beberapa orang.
  • Banyak orang memiliki “sensitivitas tabir surya.” Bagi mereka, hampir semua produk perlindungan terhadap matahari dapat menyebabkan reaksi dermatitis.

Jika Anda mengalami alergi dan iritasi setelah menggunakan cream perawatan kecantikan, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Langsung hentikan pemakaian cream perawatan kecantikan tersebut.
  • Jangan lakukan perawatan apa pun selama sekitar 2 minggu dan tunggulah hingga efek alergi dan iritasinya hilang.
  • Untuk mengatasi keluhan gatal atau bengkak bisa dilakukan dengan meminum antihistamin, menggunakan krim anti iritasi, atau pemberian krim hydrocortisone. Namun penggunaan krim hydrocortisone ini harus di bahwah pengawasan dokter.
  • Perbanyak minum air putih atau air mineral, minimal 8 gelas per hari. Banyak minum air putih baik untuk membantu mengeluarkan alergen atau iritan yang terserap kulit dan beredar bersama darah saat penggunaan produk perawatan kecantikan topikal.
  • Banyaklah makan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin E. Vitamin C sangat bagus karena vitamin ini mampu  melakukan detoksifikasi berbagai racun dalam tubuh. Selain itu, berfungsi sebagai meningkatkan produksi kolagen dan pembentukan jaringan kulit baru. Kalau mau praktis dan lebih efektif bisa minum antioksidan yang baik.
  • Selalu jaga kebersihan kulit wajah setiap hari dengan membersihkan wajah menggunakan facial wash yang baik. Lebih baik lagi mencuci muka dengan kain lembut yang telah direndam dengan air hangat.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung dan hindari debu atau kotoran yang bisa memperburuk kondisi kulit wajah dan bisa memicu munculnya jerawat.
  • Setelah kulit diistirahatkan dan kulit wajah pulih, Anda bisa melakukan perawatan dengan produk cream perawatan kecantikan yang baik.

Bila alergi dan iritasi setelah menggunakan cream perawatan kecantikan, siapa yang salah?

Tidak ada yang salah di sini.

Produsen tidak mungkin bisa membuat produk yang bisa diterima oleh semua kondisi kulit konsumen. Jika produsen telah memenuhi standar pembuatan produk yang baik dengan bahan yang aman, paling tidak produsen harus memberi label hipoallergenic untuk kandungan bahan aktif yang kemungkinan kecil menyebabkan alergi.

Konsumen seharusnya mengetahui jenis kulitnya, dan wajib mengetahui bahan-bahan apa saja yang berpotensi menimbulkan alergi dan iritasi untuk dihindari. Jangan sampai menyalahkan produsen yang sudah memberi peringatan, padahal secara genetis dia sendiri yang hipersensitif. Karena itu biasakan konsultasi ke dokter yang baik untuk penggunaan cream perawatan kecantikan yang baik.

Salam cantik!

Cream Dr Andini yang banyak dicari :

Dr Andini menyediakan cream perawatan kecantikan yang aman dan efektif. Untuk order dan konsultasi silahkan hubungi pada hari dan jam kerja.