Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Jenis kulit wajah ada bermacam tipe, dan sebaiknya perlu dipahami oleh para wanita. Dengan mengenali jenis kulit sendiri akan sangat membantu untuk mengetahui problem wajah apa saja dialami dan selanjutnya dapat digunakan untuk menentukan pilihan treatment untuk mengatasinya.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Pada prinsipnya tipe kulit wajah dipengaruhi oleh tiga hal berikut :

  • Kadar air yang berpengaruh pada kelembaban kulit
  • Kadar minyak yang berpengaruh pada elastisitas kulit
  • Tingkat sensitifitas kulit terhadap aplikasi bahan tertentu

Jenis kulit wajah sebenarnya bersifat genetis (dipengaruhi faktor keturunan). Namun kadang bisa berubah sesaat bergantung pada respon kulit saat diberi perlakuan tertentu saat perawatan wajah. Akan tetapi pada dasarnya tipe kulit wajah tidak akan berubah.

Mengenai macam jenis kulit wajah ada beberapa macam pembagian bergantung dari sisi faktor mana yang dibahas.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah
Lima jenis kulit wajah yang umum : kering, berminyak, normal, kombinasi, dan sensitif. Anda termasuk yang mana?

Berikut ini adalah 5 tipe umum kulit wajah:

1.   Jenis kulit wajah normal (normal skin)

Ditandai ukuran pori-pori yang kecil, kelembaban cukup, tekstur kulit halus, elastisitas kulit bagus, kulit kencang, warna kulit sehat dan jarang timbul masalah jerawat.

Jenis kulit ini merupakan idaman semua orang, tetapi sayangnya hanya sedikit orang yang beruntung memiliki jenis kulit normal ini.

Untuk tipe kulit ini bisa menggunakan perawatan kulit normal.

2.   Jenis kulit wajah kering (dry skin)

Tandanya pori-pori kulit kecil, kelembaban kulit sangat kurang, tekstur kulit kasar dan tipis sehingga kulit nampak seperti berpetak-petak kecil dan berserpih, kulit cenderung sensitif.

Pada jenis kulit ini seringkali terjadi penuaan dini (aging) yang menyebabkan munculnya kerutan di area mata, mulut dan leher serta pigmentasi kulit yang tidak rata (diskolorasi)

Tipe kulit jenis ini bisa menggunakan perawatan kulit kering.

3.   Jenis kulit wajah berminyak (oily skin)

Memiliki pori-pori besar, kulit sangat lembab, kulit terasa kasar dan tebal, sel kulit mati menutupi sebum, kekenyalan kulit bagus.

Pada jenis kulit ini seringkali timbul komedo dan jerawat. Kulit wajah juga tampak mengkilat karena minyak yang berlebih. Bisa menggunakan perawatan kulit berminyak.

4.   Jenis kulit wajah kombinasi (combination skin)

Cirinya berminyak dan pori-pori di area T besar (T-zone : daerah dahi, hidung, dagu), sedangkan pada daerah pipi dan rahang berpori kecil dan cenderung kering atau normal.

Karakteristik pada area kulit berminyak terasa lembab, kulit kasar dan tebal, berkomedo dan berjerawat. Sedangkan pada area kulit kering kelembaban kurang, kulit tampak kering, dan dapat timbul milia atau kerusakan kapiler.

Tipe kulit kombinasi bisa menggunakan perawatan kulit berminyak dengan menambah penggunaan moisturizer cream untuk daerah pipi yang cenderung kering.

5.   Jenis kulit wajah sensitif (sensitive skin)

Kulit sensitif umumnya sangat reaktif dan gampang menunjukkan reaksi hipersensitif bila menggunakan produk perawatan tertentu. Jenis reaksi dan manifestasinya berbeda untuk setiap orang, tergantung pada jenis bahan alergen (penyebab alergi).

Umumnya tipe kulit sensitif termasuk jenis kulit yang sangat kering, sehingga mudah memerah, iritasi, gatal, atau mengelupas.

Banyak juga jenis kulit lain yang sensitif terhadap satu atau beberapa jenis bahan kecantikan, namun tidak separah reaksi penolakan jenis kulit sensitif.

Untuk kulit kering yang cenderung sensitif bisa menggunakan perawatan kulit kering atau bisa juga menggunakan perawatan pemulihan kulit kering.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Untuk mengetahui jenis kulit wajah, ada beberapa cara yang dapat dipakai. Kalau di klinik kecantikan bisa menggunakan alat diantaranya:

  • dengan penggunaan alat wood’s lamp
  • magnifying lamp
  • dengan loop (kaca pembesar)

Anda bisa menentukan jenis kulit wajah sendiri, dan tidak harus pergi ke klinik kecantikan.

Cara mudah untuk mengetahui jenis kulit wajah adalah sebagai berikut:

  • cuci wajah dengan sabun wajah yang baik
  • keringkan wajah dengan handuk dan jangan menggunakan make up atau apa pun
  • lakukan aktifitas seperti biasa selama minimal sekitar 2 jam
  • setelah itu amati wajah Anda di cermin

Tentukan jenis kulit wajah Anda dari parameter di bawah ini:

  • Jenis kulit normal : bila kondisi kulit wajah hampir tidak ada perubahan, tetap terasa lembab dan kenyal.
  • Jenis kulit kering : bila wajah terasa ketat, kurang lembab, dan terasa sensitif ketika diraba
  • Jenis kulit berminyak : bila wajah menjadi tampak mengkilat merata, bila diusap dengan tissue atau kertas akan tampak jelas meninggalkan noda minyak
  • Jenis kulit kombinasi : bila wajah pada area T menjadi mengkilat, bila diusap dengan tissue atau kertas akan tampak jelas meninggalkan noda minyak, sedangkan daerah pipi tetap normal

Nah, itulah cara mengetahui jenis kulit wajah.

Coba tentukan jenis kulit wajah Anda, sebagai bekal untuk konsultasi kecantikan guna menentukan jenis perawatan yang tepat.

Silahkan hubungi kita untuk konsultasi pada hari dan jam kerja.

Tentang Dr Andini WA : 0819 3980 0407

Gravatar Image
Dr Andini menyediakan cream perawatan kecantikan yang aman dan efektif. Untuk order dan konsultasi silahkan hubungi pada hari dan jam kerja Senin sd Jumat pukul 09.00 - 16.00 WIB. Bisa juga langsung konsultasi di klinik ANDINI ESTHETICARE.