Inilah kriteria dokter ideal

Menemukan dokter yang baik memang gampang-gampang susah. Untuk menemukannya, mungkin pada awalnya kita harus melakukan survey, misalnya bertanya kepada orang, mencoba dokter yang telah punya nama, mencari informasi di internet, dan lain sebagainya.

Inilah kriteria dokter ideal

Sebagai pedoman umum, berikut ini adalah beberapa kriteria dokter yang ideal:

1. Memiliki wawasan yang Luas

Dokter yang bagus tahu banyak teori kedokteran serta mengkombinasikannya dengan pengalaman dan pengetahuan medis lainnya. Ada baiknya cek lagi apa yang telah disampaikan oleh dokter, apakah memang benar atau penjelasannya sekedar improvisasi. Kita bisa mencari informasi yang terkait di internet untuk membandingkan serta menguji wawasan dokter tersebut.

2. Mampu memberi penjelasan dengan baik

Komunikasi antara dokter dengan pasien sangat penting. Percuma saja bila dokternya pintar namun tidak bisa menyampaikan dengan baik apa yang harus diketetahui oleh pasien beserta keluarganya. Ini bisa bisa menyebabkan salah paham dan menimbulkan keraguan.

3. Mempunyai banyak pengalaman dan jam jerbang

Biasanya dokter senior yang telah praktek bertahun-tahun memiliki lebih banyak pengalaman dalam melayani bermacam-macam kasus penyakit.

4. Selalu siap dihubungi dan membantu siapa saja

Sudah menjadi resiko, seorang dokter harus siap melayani pasien kapan pun dan di mana pun. Dokter yang baik akan memberikan nomor telepon yang mudah dihubungi serta siap menjawab pertanyaan pasien yang datang tiba-tiba. Dokter pun juga harus siap rumahnya didatangi pasien pada saat di luar jam kerja, bahkan di tengah malam sekalipun.

5. Memiliki reputasi dan nama baik

Jika Anda mendengar dari sumber terpercaya bahwa seorang dokter ternyata banyak memiliki reputasi buruk, sebaiknya hindari dokter tersebut, dan carilah opsi dokter yang lain. Jika sudah tahu reputasi buruk seorang dokter namun Anda tetap datang padanya, maka semua resiko harus Anda tanggung. Pilihlah dokter yang punya reputasi baik di masyarakat.

6. Tidak money oriented

Pada situasi tertentu, dokter yang baik selalu menolong pasien secara sukarela tanpa memungut bayaran. Jika pasien yang datang berasal dari golongan miskin, maka dokter tidak akan membebani pasien dengan biaya pengobatan yang tak terjangkau, bahkan seringkali bebas biaya. Dokter yang baik dan berperikemanusiaan tahu kapan harus mencari uang dan kapan harus menolong tanpa pamrih.

7. Menikmati pekerjaannya

Lihatlah dokter di hadapan kita. Dari mimik dan sikapnya kita bisa tahu apakah dia mencintai pekerjaannya atau tidak. Jika dia murah senyum, ramah, sabar, telaten, teliti, pandai mengambil hati, rajin, tidak gampang bete, ikhlas, dan semacamnya, itu tanda yang menunjukkan dokter yang mencintai pekerjaannya. Pada kondisi tertentu bisa saja ciri tersebut tidak muncul, seperti ketika sedang capek, sedang ada masalah, atau pasiennya sangat menyebalkan, dan sebagainya.

8. Tidak gampang merasa jijik

Dokter tidak boleh memperlihatkan rasa jijik pada pasien apapun situasinya. Dokter yang takut dengan darah, takut tertular penyakit, takut dengan fisik pasien yang buruk, dan sebagainya, itu menunjukkan dokter yang gampang jijik. Dokter yang baik harus bisa mengesampingkan rasa marah, rasa takut, rasa jijik, rasa malu, dan semacamnya saat melaksanakan tugas mulia yang sedang diemban.

9. Tetap mampu bekerja dengan baik di saat darurat

Saat penuh tekanan di ruang gawat darurat, dokter yang baik tetap mampu bersikap tenang dan tidak emosi. Dokter juga harus bisa menenangkan pasien dan orang lain yang ada di sekitarnya. Di saat yang genting dokter harus mampu bekerja sesuai prosedur dan cepat mengambil keputusan dalam menentukan tindakan.

10. Mampu memulihkan mental pasien

Dokter yang baik bisa memotivasi pasien agar memiliki semangat untuk sembuh, menghibur dan menghilangkan pikiran-pikiran negatif pasiennya. Pasien diberi pencerahan sehingga memiliki harapan yang besar untuk bisa sembuh walaupun penyakit yang diderita cukup berat.

Namun demikian perlu diingat bahwa dokter hanyalah kepanjangan tangan Tuhan sebagai perantara bagi pasien untuk mencapai suatu kesembuhan dari penyakit dan gangguan kesehatan. Yang mampu menyembuhkan semua masalah kesehatan adalah Tuhan. Sebagus apapun dokternya jika Tuhan tidak mengizinkan sembuh maka pasien tidak akan mendapatkan kesembuhan. Jadi jangan menyalahkan dokter yang sudah bekerja maksimal, namun hasilnya jauh dari harapan.

Hmm, ternyata berat juga tugas dokter ya?

Rewrite from organisasi.org

Tentang Dr Andini WA : 0819 3980 0407

Gravatar Image
Dr Andini menyediakan cream perawatan kecantikan yang aman dan efektif. Untuk order dan konsultasi silahkan hubungi pada hari dan jam kerja Senin sd Jumat pukul 09.00 - 16.00 WIB. Bisa juga langsung konsultasi di klinik ANDINI ESTHETICARE.