Kenali penyebab dan cara mencegah kerutan pada kulit wajah

Kerutan pada wajah (wrinkle) bagi wanita merupakan masalah yang cukup meresahkan, karena bisa mengurangi rasa percaya diri. Meskipun usia masih cukup muda, namun bila sudah banyak kerutan, maka wajah akan tampak menua. Artikel berikut ini membahas mengenai penyebab dan cara mencegah kerutan pada kulit wajah yang termasuk salah satu gejala terjadinya penuaan dini.

cara menghilangkan kerutan wajah dr andini

Penyebab terjadinya kerutan pada kulit wajah

Kurangi konsumsi gula

Sebuah penelitian terkini yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa ternyata konsumsi gula bisa menjadi indikasi yang mempercepat penuaan dini. Ketika gula memasuki aliran darah, pada akhir proses glikasi akan terbentuk bahan yang disebut AGEs. Zat ini ternyata bisa merusak protein dalam tubuh terutama kolagen dan elastin yang berperan penting dalam menjaga keremajaan kulit.

Selain menyebabkan kerutan kulit Anda juga akan menjadi terlihat kusam. Bukan cuma itu, ternyata AGEs juga bisa merusak antioksidan dalam tubuh, sehingga kulit menjadi rentan terhadap kerusakan ketika terkena paparan ultraviolet sinar matahari. Jadi, sebaiknya kurangi konsumsi gula.

Sinar matahari sangat jahat!

Ahli dermatologis menuturkan bahwa kecepatan terjadinya wrinkle juga disebabkan oleh faktor genetis. Tetapi yang lebih mengejutkan ternyata 90 persen penyebab wrinkle dan penuaan disebabkan oleh paparan sinar matahari!

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Annals of Internal Medicine, menemukan fakta bahwa orang yang menggunakan tabir surya secara teratur memiliki resiko 24 persen lebih rendah dalam mengalami penuaan dini.

The American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk setidaknya menggunakan SPF 30 setiap hari dan SPF 50 atau lebih tinggi jika Anda memiliki kegiatan di luar ruangan. Faktor penuaan lainnya yang ditemukan pada penelitian dengan responden kembar identik. Ternyata gaya hidup sangat erat kaitannya dengan penuaan, misalnya merokok, berat badan, depresi, dan stres.

Air putih menghilangkan keriput?

Untuk satu hal ini belum pernah ada penelitian secara klinis bahwa air bisa menghilangkan keriput. Banyak minum air putih memang berfungsi agar kulit tidak mengalami dehidrasi. Jika Anda tidak cukup minum, maka elastisitas kulit menurun. Pengaruh ini terutama tampak pada mata yang akan terlihat lebih cekung.

Bantal ternyata berpengaruh

Membenamkan wajah Anda lekat-lekat di bantal saat tidur ternyata bisa menimbulkan pengaruh buruk terhadap kulit wajah. Gesekan kulit wajah pada bantal setiap hari ternyata bisa membentuk kerutan kulit secara perlahan.

Saran dari dermatologis, sebaiknya memilih sarung bantal dari bahan sutra. Karena selain seratnya sangat lembut, bahan sutra juga bisa membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar

Dermatologis sangat menyarankan untuk memenuhi asupan gizi yang cukup dari buah dan sayuran segar terutama sebagai sumber antioksidan. Pentingnya antioksidan sudah diteliti dan ditemukan fakta bahwa seseorang yang berusia 70 tahun yang rutin sayuran dan buah ternyata memiliki kerutan wajah lebih sedikit.

Sebuah penelitian pada tahun 2007 terhadap sejumlah wanita berusia antara 40-74 tahun yang cukup asupan vitamin C, ternyata memiliki lebih sedikit kulit keriput dan tidak mengalami kekeringan kulit wajah yang berlebihan.

Sekarang Anda telah paham mengenai penyebab dan cara mencegah kerutan pada kulit wajah.

Cream Dr Andini yang banyak dicari :

Dr Andini menyediakan cream perawatan kecantikan yang aman dan efektif. Untuk order dan konsultasi silahkan hubungi pada hari dan jam kerja.