Masalah jerawat dan flek hitam

Posted on

Ada salah satu wanita cantik yang konsultasi cara mengatasi jerawat dan flek hitam. Sengaja saya posting di sini karena pertanyaannya bagus. Barangkali bermanfaat buat para wanita cantik lain yang memiliki masalah jerawat dan flek hitam juga.

cara menghilangkan jerawat

Dear dokter Andini,

Dari semenjak kuliah hingga sebelum hamil saya menggunakan produk dari Dr. X, namun ketika diketahui saya hamil, oleh dokter kandungan saya dilarang menggunakan produk perawatan kulit kecuali sabun muka, beliau khawatir zat yang terkandung dalam produk kulit tersebut mengganggu perkembangan janin. Alhasil selama hamil kondisi kulit tidak seperti sebelumnya, kulit cerah dan bersih tanpa jerawat.

Sekarang saya memiliki anak usia 15 bulan masih menyusui tapi tidak 100% ASI (dicampur susu segar). Jenis kulit saya coklat normal cenderung berminyak dan menggunakan kontrasepsi spiral (khawatir alat kontrasepsi berpengaruh dalam pembentukan hormon kulit).

Keluhan saya sekarang adalah:

  1. Sesekali saya melakukan facial di klinik kecantikan, namun jerawat masih sering muncul, sedang dan agak besar ukurannya dan meninggalkan bekas jerawat warna cokelat kehitaman tidak bisa hilang.
  2. Komedo kecil-kecil di sekitar hidung, dagu, dan dahi lebih banyak.
  3. Warna kulit kusam, tidak cerah.
  4. Ketika menstruasi datang jumlah jerawat makin bertambah.

Pertanyaan saya:

  1. Paket yang cocok untuk kondisi diatas? Dengan harapan jerawat tidak muncul kembali dan kulit lebih cerah setelah pemakaian produk Anda.
  2. Apakah produk aman di segala cuaca, mengingat pekerjaan saya ke beberapa tempat yang berbeda iklim?
  3. Untuk produk Anda yaitu Melasma cream, lightening cream, apakah pemakaiannya dapat dicombine dengan paket yang Anda sarankan?.
  4. Saya melihat ada produk Home Peeling dan Facial Scrub ? Mana yang lebih baik untuk digunakan?
  5. Saat ini kulit berjerawat dan menggunakan bedak padat, apakah baik?

Terima kasih Dok,
Salam,

Dan inilah jawaban saya:

  1. Dari cerita mbak saya menyarankan langsung melakukan perawatan jerawat saja. Gunakan perawatan jerawat reguler untuk jerawat biasa dan perawatan jerawat intensif untuk jerawat parah/meradang. Jerawat akan selalu muncul bila kulit berminyak kotor hingga menyumbat saluran glandula cebacea (kelenjar minyak). Karena itu langkah untuk menghentikan sama sekali munculnya jerawat tidak bisa. Jerawat bisa dicegah dengan mengendalikan masalah minyak dan selalu menjaga kebersihan wajah. Jadi upayakan sering cuci wajah, hindari paparan debu dan sinar matahari. Facial tidak bisa menghilangkan jerawat. Saat menstruasi umumnya jerawat bertambah. Ini sebenarnya hal yang normal karena terjadi fluktuasi hormonal yang memicu peningkatan aktivitas kelenjar minyak, dan akibatnya lebih berpotensi muncul jerawat. Efek lain dari masalah minyak inilah yang menyebabkan wajah tampak kusam.
  2. Perbedaan iklim dan kelembaban udara antar wilayah/negara bisa memicu munclnya jerawat sebagai respon yang dilakukan oleh kelenjar minyak. Umumnya di tempat yang lebih dingin dimana kelembaban nisbi lebih rendah sering menyebabkan kulit mengering. Sebagai akibatnya kelenjar minyak lebih aktif untuk memproduksi minyak guna melembabkan kulit, dan ini berpotensi memunculkan jerawat. Karena itu pada kondisi seperti ini perawatan jerawat harus lebih aktif. Lindungi juga kulit wajah setiap saat dengan sunblock, baik  di dalam maupun di luar ruang.
  3. Melasma cream dan lightening cream bisa dicombine dengan paket lain tetapi sebaiknya salah satu. Melasma cream fungsinya sama dengan lightening cream, tetapi lebih kuat sehingga digunakan untuk menghilangkan flek bandel. Fungsi lainnya melasma cream mampu mencerahkan kulit wajah dalam waktu yang lebih cepat, tetapi saya tidak merekomendasikan cara ini. Karena penggunaan melasma cream dipadukan dengan melasol, maka pemakaiannya tidak boleh saat ada luka terbuka/lesi pada jerawat. Karena itu saya sarankan mengatasi jerawat dulu. Selanjutnya bisa dilakukan perawatan untuk menghilangkan flek bandel bekas jerawat. Perlu diketahui bahwa bila melasol terkena kulit yang luka akan menyebabkan flek hitam dan perlu waktu untuk menghilangkannya.
  4. Home peeling berbentuk cream, melasol berbentuk cair. Fungsinya sama tetapi lebih efektif melasol, dan digunakan sebagai agen keratolitik untuk mengelupas flek pada kulit. Langkah ini diperkuat dengan penggunaan melasma cream untuk mempercepat hilangnya flek. Penggunaan home peeling atau melasol akan menyebabkan pengelupasan halus. Pada beberapa orang pengelupasan ini tidak terjadi. Untuk membantu mengangkat kulit mati yang mengelupas bisa digunakan facial scrub. Jadi dipadukan fungsinya.
  5. Tidak baik menggunakan bedak padat pada kulit berminyak, apalagi berjerawat. Penggunaan bedak padat dapat menutup pori/saluran minyak dan bisa memicu munculnya jerawat. Bila berminyak/berjerawat dianjurkan menggunakan bedak tabur / loose powder. Kekurangan penggunaan bedak tabur adalah tidak tahan lama menempel di kulit dan penggunaan harus diulang.

Apakah Anda punya pengalaman mengenai cara mengatasi masalah jerawat dan flek hitam? Silahkan sharing di sini.

Salam cantik :)

Cream Dr Andini yang banyak dicari :

Gravatar Image
Dr Andini menyediakan cream perawatan kecantikan yang aman dan efektif. Untuk order dan konsultasi silahkan hubungi pada hari dan jam kerja.