Menggunakan tabir surya dengan benar

Tabir surya berfungsi melindungi kulit wajah terhadap pengaruh paparan ultra violet matahari. Ada dua jenis ultra violet, yaitu UVA yang bisa memicu penuaan kulit, and UVB yang menimbulkan efek terbakar pada kulit. Keduanya diketahui bersifat karsinogen (penyebab kanker) pada kulit.

Pengaruh ultra violet ini bisa menyebabkan kekusaman, kulit wajah lebih hitam, telangiectasia, hingga kanker kulit. Karena itu para sangat dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan benar agar kulit wajah terlindung.

Untuk menangkal pengaruh UV tersebut biasa digunakan sunblock atau sunscreen. Apa bedanya?

Sunblock bekerja dengan menahan UV secara fisik dan menahan pengaruh UVB saja. Bahan aktifnya berupa zinc oksida dan titanium dioksida. Cara mengetahui apakah tabir surya tersebut jenis sunblock gampang. Kalau digunakan tampak memberi efek lapisan putih pada kulit. Sedangkan sunscreen bekerja dengan menyerap panjang gelombang tertentu, dan saat digunakan akan diserap oleh kulit, karena itu terasa kesat.

Mitos SPF

SPF atau sun protection factor merupakan nilai yang menunjukkan waktu perlindungan terhadap pengaruh sinar matahari. Jika menggunakan SPF 15 misalnya, berarti kulit anda akan terlindungi maksimal 15 kali lebih lama daripada tidak menggunakan tabir surya. Misalnya secara normal kulit akan terbakar dalam 10 menit pada saat matahari terik, maka saat Anda menggunakan SPF 15 Anda mampu menahan pengaruh sinar matahari selama sekitar 2,5 jam sebelum kulit terbakar.

SPF 15 menahan 93% radiasi matahari, SPF 30 menahan 97%, dan SPF 45 menahan 98%. Perlu diketahui bahwa semua tabir surya berapa pun SPF-nya memiliki masa expired. Artinya setelah jangka waktu tertentu kemampuan perlindungannya akan hilang.

Mitos bahwa tabir surya dengan SPF lebih tinggi berarti lebih bagus melindungi kulit, sebenarnya tidak benar. Sebenarnya, SPF 50 dan SPF 100 memiliki kemampuan hampir sama melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Tabir surya dengan SPF di atas 60 tidak terlalu banyak berbeda dengan tabir surya dengan SPF 50 namun berharga lebih mahal. Tabir surya ideal mengandung minimal SPF 30. Bagi pemilik kulit putih, cukup gunakan tabir surya dengan SPF 50.

Menggunakan tabir surya yang benar

Apa pun tabir surya yang Anda gunakan, entah sunblock atau sunscreen, sebaiknya digunakan 30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruang. Karena tabir surya memiliki masa perlindungan tertentu, sebaiknya pemakaian tabir surya diulang untuk memberi perlindungan maksimal.

Misalnya Anda bekerja di luar ruang dan terpapar sinar matahari lebih dari dua jam, maka penggunaan tabir surya diulangi lagi setelah 2 jam. Kelalaian menggunakan tabir surya kedua kali akan berakibat sama seperti saat Anda tidak menggunakan tabir surya.

Cream Dr Andini yang banyak dicari :

Dr Andini menyediakan cream perawatan kecantikan yang aman dan efektif. Untuk order dan konsultasi silahkan hubungi pada hari dan jam kerja.